PROFIL BAZNAS KABUPATEN KUDUS

       Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.
       Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kudus merupakan badan resmi pengelola zakat, infaq dan sedekah (ZIS) di dalam lingkup Kabupaten Kudus berdasarkan Keputusan Bupati Kudus Nomor 450/361/2021 tentang Pengangkatan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kudus masa jabatan 2018-2023.
             Dengan demikian, BAZNAS Kudus bersama Pemerintah Kabupaten Kudus Kbertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan: syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

VISI

Menjadi Pengelola Zakat Yang Profesional Dan Terpecaya

MISI

1. Mengkoordinasikan UPZ BAZNAS dan LAZ di Kabupaten Kudus dalam mencapai target pengumpulan Zakat, Infak dan Sedekah.
2. Mengoptimalkan pendistribusian dan pendayagunaan zakat, Infak dan Sedekah secara merata untuk pengentasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan mengurai kesenjangan sosial.
3. Menerapkan sistem manajemen keuangan berbasis teknologi informasi yang transparan dan akuntabel.
4. Menggerakkan dakwah Islam melalui sinergi umat untuk kebangkitan zakat, Infak dan Sedekah di Kabupaten Kudus.
5. Zakat, Infak dan Sedekah sebagai instrumen pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur, baldatun thayyibatun warabbun ghafuur.

BAZNAS KUDUS

KANTOR LAYANAN

Alamat: Jl. Megawon No 65 Mlatinorowito Kota Kudus.
Konfirmasi Donasi: 0815-6796-5477

IKUTI KAMI

LAYANAN PUBLIK